Artikel Internasional

Satu Dekade Strategi Pembangunan Berkelanjutan Nasional Jerman

Artikel Internasional

Keberlanjutan (sustainibility) memerlukan tindakan yang bertanggung jawab - hari ini dan untuk generasi mendatang, baik nasional maupun internasional. Ini adalah tujuan dari Strategi Pembangunan Berkelanjutan nasional.

20 Tahun setelah Rio

Dua puluh tahun yang lalu pada Konferensi PBB tentang Lingkungan dan Pembangunan , negara-negara di dunia membuat ide tentang keberlanjutan sebagai prinsip penuntun global. Banyak yang telah berubah sejak saat itu . Hal ini jauh lebih menjadi hal yang biasa untuk mempertimbangkan dampak jangka panjang dari tindakan seseorang . Tapi kita terus dihadapkan dengan tantangan besar. Sekitar sembilan miliar orang akan hidup di bumi pada tahun 2050. Mereka semua memiliki hak untuk pembangunan. Bagaimana kita bisa mengamankan subsistem dari populasi dunia berkembang pesat , sementara pada saat yang sama melindungi sumber daya alam kita dalam jangka panjang ?

Keberlanjutan harus dianggap sebagai prinsip - secara global , nasional dan lokal . Tujuannya adalah sebuah dunia di mana kemakmuran ekonomi bagi semua bergandengan tangan dengan hubungan sosial dan perlindungan sumber daya alam dimana sebuah dunia yang mengakui komitmen untuk keadilan antargenerasi dan hidup berdampingan secara damai masyarakat. Di jalan menuju keberlanjutan yang lebih, Konferensi PBB tentang Pembangunan Berkelanjutan di Rio de Janeiro pada bulan Juni 2012 membuka semakin lebar kesempatan bagi kemajuan penting. Jerman dan Uni Eropa akan melakukan segala upaya untuk memastikan bahwa hasil yang ambisius yang dicapai dalam konferensi tersebut.

Baca lengkapnya...

 

Perubahan Industri di China

Artikel Internasional

Setelah berdirinya China yang baru , Cina yang lama memulai perjalanan mereka ke industrialisasi baru yang modern sebagai inti nya. Proses industrialisasi China dapat dibagi dalam dua periode besar yang penting, yakni 1949-1978 , sebagai periode industrialisasi sosialis-tradisional, yang kedua adalah 1979, untuk periode industrialisasi dengan karakteristik Cina. Jalan industrialisasi sosialisme berkarakteristik Cina  mencapai sukses besar, terutama diwujudkan dalam aspek berikut .

Pertama, pertumbuhan ekonomi , kekuatan ekonomi secara keseluruhan telah meningkat tajam . Pada tahun 2006 , PDB tahunan China mencapai 20,9407 triliun yuan, sesuai dengan nilai tukar dari total ekonomi berada di peringkat empat di dunia, PDB per kapita lebih dari $ 2.000.

Baca lengkapnya...

 

PENGENTASAN KEMISKINAN MELALUI KEGIATAN PRODUKTIF

Artikel Internasional

Pengentasan kemiskinan melalui kegiatan produktif

Oleh: Setyoko Pramono

Widyaiswara Muda – Pusdiklat Kemenperin

 

Masyarakat internasional berkomitmen untuk mencapai Millenium Development Goals ( MDGs ) pada tahun 2015 , dan , khususnya, untuk mengurangi separuh proporsi penduduk miskin dunia yang berpenghasilan kurang dari satu dolar per hari . Pengurangan kemiskinan melalui kegiatan produktif mendukung upaya negara-negara berkembang dalam menghadapi tantangan ini . Ini juga membahas MDG terkait erat mempromosikan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan sebagai cara yang efektif untuk memerangi kemiskinan, kelaparan dan penyakit.

Baca lengkapnya...

 
More Articles...
Sekilas Berita
SOSIALISASI DAN WORKSHOP PANGKALAN DATA PERGURUAN TINGGI (PDPT)

Hotel Millenium - Jakarta, Pusdiklat Industri Kementerian Perindustrian telah melaksanakan sosialisasi dan workshop Pangkalan Data Perguruan TInggi (PDPT) bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada 23 -24 Juni 2014.Sosialisasi tersebut dihadiri 17 peserta dari perguruan tinggi di lingkungan Kementerian Perindustrian.

Sosialisasi dan Workshop Pangkalan Data Perguruan Tinggi (PDPT) pada laman forlap.dikti.go.id selain sebagai cara untuk mengajukan Nomor Induk Dosen Nasional, juga bermaksud untuk memberikan kemampuan peserta dalam memahami dan menguasai Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDPT) baik dari segi kebijakan maupun teknis sehingga peserta mampu mengelola dan menyampaikan data serta informasi penyelenggaraan Perguruan Tinggi dengan baik dan benar.

Read more text
 
PELATIHAN PENGEMBANGAN KURIKULUM PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPETENSI (CBT)

Jakarta -- Pusdiklat Industri Kementerian Perindustrian telah menyelenggarakan Pelatihan Pengembangan Kurikulum Pembelajaran Berbasis Kompetensi (CBT) di Hotel Bidakara Jakarta pada tanggal 16 - 19 Juni 2014. Pelatihan tersebut dihadiri oleh 34 peserta dari SMK dan Perguruan Tinggi di lingkungan Kementerian Perindustrian.

Bekerja sama dengan Genix Asia Pacific, pelatihan tersebut bertujuan agar guru dan dosen di lingkungan Kementerian Perindustrian dapat mengetahui, memahami dan mengimplementasikan kurikulum berbasis kompetensi dalam proses belajar mengajar.

Read more text
 
Kemenperin - Kemendikbud Tandatangani MoU Pendirian Akademi Komunitas di Indonesia

Sekjen Kementerian Perindustrian Ansari Bukhari dan Sekjen Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Ainun Na’im menandatangani MoU Pendirian dan Pengembangan Akademi Komunitas di Indonesia di Kementerian Perindustrian, Jakarta, 27 Juni 2014.

Dalam upaya melakukan pembangunan sumber daya manusia industri yang kompeten se bperti diamanatkan dalam UU No.32014 tentang Perindustrian, khususnya untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja industri tingkat ahli pertama dan ahli muda.Dalam nota kesepahaman tersebut dijelaskan, Kemenperin bertugas memfasilitasi pengembangan Akademi Komunitas sesuai dengan keunggulan lokal untuk memenuhi kebutuhan dunia usaha dan dunia industri.

Dalam Nota Kesepahaman tersebut dijelaskan bahwa Kementerian Perindustrian bertugas memfasilitasi pengembangan Akademi Komunitas sesuai dengan keunggulan lokal untuk memenuhi  kebutuhan tenaga kerja sektor industri, serta memfasilitasi penempatan lulusan Akademi Komunitas di lingkungan Kemenperin pada perusahaan industri.

Read more text
 
DIklat Asesor Kompetensi BKSP Jawa Timur

   Surabaya, 17 Juni 2014, Pusdiklat Industri Kementerian Perindustrian telah menyelenggarakan Pelatihan Asesor Kompetensi dalam rangka Fasilitasi Penyediaan Infrastruktur Sertifikasi Profesi bagi SDM Industri tingkat Propinsi. Pelatihan tersebut dihadiri oleh 20 orang yang berasal dari Perwakilan Asosiasi Industri/Profesi, dengan tenaga pelatih dari BNSP dan berlangsung selama 6 hari hingga Sabtu 21 Juni 2014 di Hotel Grand Darmo, Surabaya.

   Bekerja sama dengan BKSP Daerah Jawa Timur, Pelatihan tersebut dimaksudkan untuk mempersiapkan tenaga kerja sektor industri memasuki era pasar bebas Asia Tenggara (AEC). Masalah ketenagakerjaan di Indonesia perlu mendapatkan perhatian yang lebih serius karena peran kualitas tenaga kerja sangat dominan untuk dapat bersaing dengan tenaga kerja yang berasal dari luar negeri. Sebagai upaya untuk memperkuat posisi dan memenangkan persaingan tenaga kerja di pasar global, Pusdiklat Industri Kementerian Perindustrian menyadari perlu disebarluaskannya sistem penyelenggaraan Sertifikasi Kompetensi Kerja Tenaga Kerja Sektor Industri, termasuk SDM tenaga kerja sektor industri di daerah-daerah di seluruh Indonesia. Sertifikasi Kompetensi Kerja merupakan suatu pengakuan terhadap pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja yang dimiliki oleh tenaga kerja sesuai dengan Standar Kompetensi Kerja (SKK) yang telah dipersyaratkan. Dengan demikian, sertifikasi kompetensi kerja akan memastikan bahwa tenaga kerja tersebut terjamin akan kredibilitasnya dalam melakukan suatu pekerjaan yang menjadi tugas dan tanggung jawabnya.

Read more text
 
Diseminasi Sertifikasi Profesi dan CBT BKSP Surabaya

     16 Juni 2014, di Hotel Grand Darmo Surabaya telah diselenggarakan kegiatan Forum Diseminasi Sertifikasi Profesi dan CBT (Competencies Based Training). Kegiatan diselenggarakan di bawah koordinasi dengan BKSP (Badan Koordinasi Sertifikasi Profesi) Jatim dalam rangka memberikan kesadaran kepada Stakeholders Sektor Industri di daerah mengenai Tantangan dan Potensi tenaga kerja sektor industri di Indonesia untuk menyambut era pasar bebas regional (khususnya MEA/AEC) dan internasional (Umumnya).

     Kegiatan dimaksudkan untuk menyamakan persepsi mengenai potensi tantangan dan ancaman yang akan dihadapi oleh tenaga kerja sektor industri Indonesia dalam menyongsong Masyarakat Ekonomi ASEAN (ASEAN Economic Cooperation), dimana sudah menjadi tugas dan tanggung jawab Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian untuk melaksanakan pembinaan dan pengembangan Pendidikan dan Pelatihan bagi SDM tenaga kerja dan dunia usaha sektor industri. Pembinaan dan pengembangan yang dimaksud adalah mengupayakan tenaga kerja yang berbasis kompetensi dan siap pakai, sehingga bisa bersaing dengan tenaga kerja yang berasal dari negara lain. Selain itu, pemerintah pusat di bantu oleh BKSP berperan menyiapkan dukungan bagi pembangunan dan pengembangan SDM tenaga kerja Industri di daerah-daerah di seluruh Indonesia.

Read more text
 
Pesan Singkat
Pesan Terakhir: 2 bulan, 3 minggu lalu
  • mufidah : @Bapak Giat : diklat penyetaraan dilaksanakan oleh Biro Kepegawaian Pak, mungkin bisa dikonfirmasi pada Biro Kepegawaian. terima kasih
  • lhokseumawe : salam kenal dari lhokseumawe aceh
  • lhokseumawe : Salam Kenal dari lhokseumawe
  • 090015757 : Yth. Bapak/Ibu yang berwenang kami informasikan bahwa Stuktur Organisasi Pusdiklat kiranya diperbaharui karena sudah tidak Up todate Terima kasih
  • faridhardian : SMK SMAK Bogor juga akan berpartisipasi pada OSTN tingkat Nasional pada tgl 29 Oktober - 2 November 2012, di Universitas Gajah Mada Yogyakarta untuk bidang lomba Kimia Terapan dan Biologi Terapan, mewakili Propinsi Jawa Barat, kota Bogor, SMK SMAK Bogor, dan tentunya nama baik Kementerian Perindustrian.
  • faridhardian : Mengirim 4 siswa berprestasinya, SMK SMAK BOGOR (SMAKBO) memborong habis juara 1 OSTN tingkat kota Bogor 2012 untuk bidang Kimia Terapan, Fisika Terapan, Biologi terapan dan Matematika teknologi. siswa - siswanya : Rizal, Hardi, Anggi dan Fauziah.
  • faridhardian : SMK SMAK Bogor (SMAKBO), kembali Mulai mengeluarkan prestasi di UNJ Universitas Negeri Jakarta, siswa - siswinya (Andi, Zakia dan Wuri) menjuarai Lomba Karya Ilmiah Nasional, yang 10 besarnya ada perwakalian dari SMAN 2 Kuta Bali, SMAN 2 Sekayu Sumatera Selatan, SMAN 1 Tarakan Kalimantan Timur, dan SMA Muhammadiyah 1 Babat Lamongan. Dengan Judul : Dietil Eter (DEE) dari Limbah Mikrobiologi sebagai pengganti LPG.
  • giat : mohon informasi tentang penyesuaian untuk S1.dikementrian perindustrian
  • giat : trima kasih atas perhatiannya
  • giat : mohon informasinya

Silahkan Login dahulu untuk dapat menulis pesan disini

Survei
Bagaimana Pendapat Anda mengenai tampilan web ini?
 
Zona Waktu
Home Artikel Internasional