Login

Pusat Pendidikan & Pelatihan Industri

KEMENTERIAN PERINDUSTRIAN REPUBLIK INDONESIA

Industri dan Sumber Daya Manusia

Indonesia merupakan negeri dengan kekayaan alam yang melimpah terbentang dari ujung Sabang hingga Merauke. Namun jika bicara mengenai sumber daya manusia (SDM) , sayangnya negeri ini masih kalah dibandingkan negara tetangga seperti Singapura, Malaysia dan Thailand. Kesiapan SDM untuk industri kualitasnya masih belum mumpuni sehingga sangat perlu perhatian pemerintah dalam mengelola SDM di Indonesia. Apalagi potensi SDM di Indonesia cukup besar dengan adanya bonus demografi yang diprediksi terjadi pada tahun 2020 dikutip dari BKKBN. Pada tahun 2020 jumlah penduduk dengan usia angkatan kerja (15-64 tahun) mencapai porsi 70% dari keseluruhan penduduk sedangkan sisanya 30% merupakan penduduk yang tidak produktif.

Diperkirakan pada tahun 2020 hingga 2030, 180 juta penduduk Indonesia berusia produktif sedangkan 60 juta tidak produktif. Jika negara tidak mampu mempersiapkan adanya bonus demografi tersebut seperti penyediaan lapangan kerja dan peningkatan kualitas SDM seperti pendidikan, kesehatan dan gizi yang memadai maka bonus demografi malahan akan menimbulkan masalah pengangguran yang dapat menjadi beban bagi negara.

Begitu pentingnya sumber daya manusia bagi industri di sebuah negara sehingga pengelolaannya harus sangat diperhatikan oleh pemerintah. Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan ada tiga kunci utama yang harus diperhatikan untuk industri di Indonesia yaitu permodalan, teknologi dan pengembangan sumber daya manusia. Menurut data yang dimiliki kementerian perindustrian, 55% SDM Indonesia masih dengan tingkat pendidikan Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Menurut Airlangga, perlu diterapkan dual sistem pelatihan keterampilan kerja berbasis pada kebutuhan industri yang berkembang. Dual sistem adalah cara mempersiapkan tenaga kerja semenjak Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) bukan setelahnya.

Pengembangan sumber daya manusia perlu dilakukan secara berkesinambungan sesuai dengan perkembangan zaman dan teknologi yang semakin maju. Sangat penting bagi SDM Indonesia untuk menguasai teknologi karena penguasaan teknologi merupakan tuntutan di pasar industri masa kini. Sistem pembelajaran yang mengacu pada kemampuan dan keterampilan seperti telah dilakukan pada Sekolah Menengah Kejuruan sebenarnya sudah cukup efektif untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas.

Pendidikan kejuruan sendiri menurut Rupert Evans (1978) adalah bagian dari sistem pendidikan yang mempersiapkan seseorang agar lebih mampu bekerja pada satu kelompok pekerjaan atau satu bidang pekerjaan daripada bidang-bidang pekerjaan lainnya. Undang-undang nomor 20 Tahun 2003 Pasal 15 menyatakan pendidikan kejuruan merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik untuk bekerja dalam bidang tertentu.

Model-model penyelenggaraan pendidikan kejuruan meliputi model sistem ganda yang merupakan kombinasi pemberian pengalaman belajar di sekolah dan pengalaman kerja di dunia usaha. Pembelajaran dalam model ini tersistem dan terpadu dengan praktik di dunia industri. Model inilah yang menjadi kiat pemerintah untuk memajukan kualitas sumber daya manusia di Indonesia. Dengan model ini diharapkan setelah lulus dari sekolah menengah, pelajar dapat langsung terjun ke dunia kerja berbekal kemampuan yang memadai.

Satu lagi model pendidikan kejuruan yang menarik adalah model School-based Enterprise atau yang dikenal dengan unit produksi. Dasar dari model ini adalah mengembangkan dunia usaha di sekolah dengan tujuan untuk dapat menambah penghasilan sekolah dan memberikan pengalaman kerja yang nyata pada siswa-siswinya. Model ini digunakan untuk mengurangi ketergantungan terhadap industri.

Dengan sistem penyelenggaraan pendidikan kejuruan yang telah diterapkan di Indonesia besar kemungkinan akan terjadi peningkatan kualitas sumber daya manusia di Indonesia. Jika sistem ini dapat diterapkan dengan baik maka Indonesia akan dapat memanfaatkan bonus demografi yang diprediksi akan terjadi pada tahun 2020.