Login

Pusat Pendidikan & Pelatihan Industri

KEMENTERIAN PERINDUSTRIAN REPUBLIK INDONESIA

sdma-header.jpg

Penutupan diklat prajabatan Gol. I dan II tahun 2011

Berdasarkan Peraturan Kepala LAN No. 18 Tahun 2011 dan Keputusan Kepala Pusdiklat Industri Nomor 106/SJ-IND.6/KEP/5/2011 tanggal 27 Mei 2011 tentang Penyelenggaraan Diklat Prajabatan Golongan I & II, Angkatan I dan II Tahun 2011 Kementerian Perindustrian yang berlangsung sejak tanggal 24 Juni sampai dengan 12 Juli 2011, telah selesai dilaksanakan.

Diklat Prajabatan Golongan I dan II kali ini diikuti oleh 77 orang peserta yang terbagi dalam dua angkatan dengan pembagian jumlah peserta sebanyak 38 orang untuk angkatan I dan 39 orang untuk angkatan II dengan keseluruhan peserta berasal dari Golongan II.

Kegiatan belajar mengajar pada Diklat Prajabatan Golongan I dan II ini terdiri dari tenaga pengajar Widyaiswara yang berasal dari Lembaga Administrasi Negara, Pusdiklat Industri, Balai Diklat Industri, dan pejabat struktural di lingkungan Kementerian Perindustrian, serta tenaga pelatih dari KOSTRAD yang memberikan pelatihan mental, fisik, disiplin maupun kesegaran jasmani.

Selain tenaga pengajar yang berkompeten di bidangnya masing-masing, kegiatan belajar pada Diklat Prajabatan Golongan I dan II kali ini dipadati dengan total jam pelajaran sebanyak 174 jam, baik yang terdiri dari materi di dalam kelas maupun di luar kelas. Sedangkan metode pembelajaran yang digunakan antara lain adalah ceramah - tanya jawab, diskusi kelompok, presentasi kelompok - perorangan , dan kemudian diakhiri dengan membuat resume.

Untuk sistem penilaian yang berlaku pada Diklat Prajabatan Golongan I dan II kali ini meliputi dua aspek yang antara lain : Pertama adalah Sikap dan Perilaku dengan indikator Disiplin (penilaian sebesar 30%), Kerjasama (penilaian sebesar 20%), dan Prakarsa atau inisiatif (penilaian sebesar 10%). Sedangkan aspek Kedua adalah Penguasaan Materi (penilaian sebesar 40%) yang pelaksanaannya berupa ujian tertulis.

Berdasarkan hasil rapat evaluasi kelulusan peserta Diklat Prajabatan Golongan I dan II pada tanggal 12 Juli 2011, yang bersumberkan dari berbagai ketentuan dan ketetapan yang berlaku selama pelaksanaan diklat, maka dapat kami umumkan ringkasan hasil penilaian terhadap peserta Diklat Prajabatan 2011 adalah sebagai berikut :

Angkatan I

-          Nilai tertinggi yang dicapai adalah 85,028, sedangkan nilai terendah adalah 78,634 dengan nilai rata-rata adalah 82,221.

-          Tingkat rata-rata kehadiran peserta mencapai 99,92%.

-          Dari total 38 peserta angkatan I, tingkat kelulusan mencapai 100%.

 

Angkatan II

-          Nilai tertinggi yang dicapai adalah 86,128, sedangkan nilai terendah adalah 75,810 dengan nilai rata-rata adalah 83,052.

-          Tingkat rata-rata kehadiran peserta mencapai 100%.

-          Dari total 39 peserta angkatan II, tingkat kelulusan mencapai 100%.

Dari hasil kelulusan tersebut, didapat tiga orang peserta terbaik untuk masing-masing angkatan. Berdasarkan Keputusan Kepala Pusdiklat Industri Nomor : 126/SJ-IND.6/KEP/7/2011 tentang Hasil Evaluasi Akhir Peserta Diklat Prajabatan Golongan I dan II Kementerian Perindustrian, nama-nama peserta terbaik dari masing-masing angkatan adalah sebagai berikut :

Angkatan I

No.

Nama

Nilai

Kualifikasi

Unit Kerja

 

1.

 

2.

 

3.

 

 

Andri Yunita Hassan, A.Md.

 

Cut Helvi Riyanti, A.Md.

 

Zulfah Ilda, A.Md.

 

85,028

 

84,239

 

84,147

 

Memuaskan

 

Baik Sekali

 

Baik Sekali

 

Pusat Data dan Informasi

 

Baristand Industri Medan

 

Balai Besar Industri Agro

 

Angkatan II

No.

Nama

Nilai

Kualifikasi

Unit Kerja

 

1.

 

2.

 

3.

 

 

Andita Corry Pratiwi, A.Md.

 

Edi Djunaedi, A.Md.

 

Octariana Putri, A.Md.

 

86,128

 

85,681

 

85,389

 

Memuaskan

 

Memuaskan

 

Memuaskan

 

 

Balai Besar Industri Agro

 

Balai Besar Industri Agro

 

Balai Besar Pulp dan Kertas

Pada kesempatan Diklat Prajabatan Golongan I dan II, angkatan I dan II Periode 2011 ini, kami atas nama penyelenggara mengucapkan selamat dan sukses kepada seluruh peserta yang telah dengan tekun mengikuti seluruh rangkaian kegiatan diklat dari awal hingga akhir. Semoga apa yang sudah didapatkan selama mengikuti seluruh rangkaian kegiatan Diklat Prajabatan ini, dapat dijadikan pegangan dan pedoman dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab sehari-sehari dalam seluruh kegiatan berbangsa dan bernegara.

Foto-Foto Penutupan Diklat