Login

Pusat Pendidikan & Pelatihan Industri

KEMENTERIAN PERINDUSTRIAN REPUBLIK INDONESIA

sdmi-header.jpg

Diklat Asesor Kompetensi Angkatan I TA 2018

Segala puji kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, karena atas berkah dan rahmat-NYA, Diklat Asesor Kompetensi Angkatan I TA 2018 Pusdiklat Industri telah selesai dilaksanakan. Kami ucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada BNSP selaku instansi pembina, LSP Teknik Otomotif Indonesia, serta P2KTPK2 Jakarta Pusat yang banyak membantu dalam pelaksanaan asesmen.

 

Diklat Asesor Kompetensi Angkatan I TA 2018 diselenggarakan pada tanggal 5-8 Februari 2018 di Pusdiklat Industri, Jalan Widya Chandra VIII No. 34 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, serta asesmennya pada tanggal 9 Februari 2018 di P2KPTK2 Jakarta Pusat. Diklat ini diikuti oleh 25 orang praktisi dan akademisi yang seluruhnya berada pada sektor otomotif, baik bidang Teknik Kendaraan Ringan (Roda 4) serta bidang Teknik Sepeda Motor (Roda 2). Ada yang berbeda dalam metode diklat asesor kompetensi tahun ini. Sesuai arahan panduan BNSP, dimulai awal tahun 2018 ini, bahan pengembangan pembelajarannya berbasis pada skema, tidak lagi berbasis unit kompetensi.

 

Pelaksanaan diklat secara resmi dibuka oleh Bapak Kepala Pusdiklat Indsutri, Drs. Mujiyono, MM pada hari Senin, 5 Februari 2018 di Ruang Cendrawasih, Pusdiklat Industri. Dalam kesempatan ini, beliau kembali mengingatkan, bahwa sertifikasi kompetensi merupakan salah satu pilar dalam membangun SDM kompeten. Oleh karena itu, pencetakan tenaga diklat asesor kompetensi merupakan upaya yang dapat dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut. Selain itu, Bapak Ir. Tatang Asrizal, selaku Ketua Komisi Pelaksanaan Sertifikasi BNSP memberikan pengarahan terkait aturan kebijakan sistem sertifikasi kompetensi profesi nasional.

 

 

 

Dalam kesempatan ini, BNSP menugaskan Master Asesor Bapak Rachmat Sudjali dan Bapak Sisjono sebagai pengajar dalam diklat asesor kompetensi ini. Selain itu, BNSP juga mendelegasikan Master Asesor Ibu Delfita, Ibu Sri Rahayu, dan Ibu Siwystika Rahayu sebagai penguji dalam kegiatan real asessment.