Login

Pusat Pendidikan & Pelatihan Industri

KEMENTERIAN PERINDUSTRIAN REPUBLIK INDONESIA

[INFO] Diklat Wirausaha Industri Berbasis Kompetensi TA 2018 (Tahun ke-4)

Latar Belakang

Diklat Wirausaha Industri ini dilaksanakan dalam rangka memenuhi amanah UU No. 3 Tahun 2014 tentang Perindustrian, bahwa wirausaha industri adalah salah satu SDM industri yang harus dibangun kompetensinya.

Standar kompetensi Wirausaha Industri sudah tersedia melalui penetapan Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No. 35 Tahun 2014, yang dijadikan sebagai acuan dalam membangun program (silabi dan kurikulum) serta modul pelatihan Diklat Wirausaha Industri.

 

Modul/Materi Diklat

  1. Menentukan jenis produk yang akan diusahakan
  2. Merencanakan kebutuhan, melakukan rekrutmen, dan mengelola tenaga kerja
  3. Melakukan pengadaan sarana
  4. Membuat rencana produksi
  5. Mengadakan bahan baku dan bahan pembantu
  6. Melakukan pemasaran

g. Mengelola keuangan

Sesuai dengan prinsip basis kompetensi, metode pembelajaran diklat terdiri dari off the job  dan on the job training, pembelajaran baik di dalam kelas maupun praktik di industri.

 

Durasi dan Tempat Pelaksanaan Diklat

Diklat Wirausaha Industri diselenggarakan selama 18 hari, dengan hari belajar Senin sampai Sabtu, dan bertempat di Pusdiklat Industri Jakarta. Waktu pelaksanaan diklat direncanakan pada bulan Agustus 2018.

 

Tenaga Pengajar

Tenaga pengajar yang dilibatkan pada Diklat Wirausaha Industri Tahun ini  adalah para pengajar/praktisi dalam bidang Wirausaha Industri

 

Peserta

Persyaratan peserta:

- Sehat rohani dan jasmani

- Merupakan start-up wirausaha PADA SEKTOR INDUSTRI

- Usia maksimal 40 tahun

- Mampu mengoperasikan aplikasi Ms. Office dengan baik

Jumlah peserta : 25 orang

 

Fasilitas

Pusdiklat Industri, selaku panitia penyelenggara diklat, tidak memungut biaya atas pelaksanaan diklat ini, dan hanya menanggung konsumsi (3 kali makan dan 2 kali snack) serta penginapan selama diklat . 

Biaya transportasi ditanggung masing-masing peserta.

 

Cara Pendaftaran

Mengisi form pendaftaran pada aplikasi http://bit.ly/2mDFuqk, atau:

Mengisi lembar biodata dan mengirimkan ke email "Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya." atau "Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Usulan yang masuk kami tunggu selambatnya tanggal 9 Juni 2018

Calon peserta yang lolos seleksi akan diumumkan pada web pusdiklat.kemenperin.go.id selambatnya 2 minggu sebelum pelaksanaan diklat!